KLU Kekurangan Guru PNS

Diposting oleh : Administrator
Kategori: Pendidikan - Dibaca: 127 kali


Dunia Pendidikan di Lombok Utara masih dihadapkan dengan berbagai keterbatasan. Takhanya keterbatasan fisik bangunan / unit sekolah tetapi juga kekurangan sumber daya guru  khususnya yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Keterbatasan yang paling mengkrucut dihadapi adalah masalah dunia pendidikan jenjang Sekolah Dasar (SD), selain ruang belajar yang terbatas, jumlah guru juga yang sangat minim.
Semenjak Tahun 2012 jumlah guru SD sebanyak 1.576 orang baik yang berstatus PNS dan non PNS. Tetapi dari jumlah itu, kisaran 40 % saja yang berstatus PNS, selebihnya non PNS.
Dalam kapasitas Pendidikan status PNS dan Non PNS para pengajar bukan merupakan persoalan besar  yang menentukan keberhasilan Pendidikan. Sebaliknya keberhasilan di tentukan oleh keseriusnya pengajar dalam menurunkan ilmu pengetahuan sesuai dengan sistem yang ada.
Kita menyadari perjuangan berat yang dihadapi KLU dalam sukses pendididkan terletak pada keterbatasan SDM. Mengacu pada Standar pelayanan pendidikan jumlah guru PNS di satu sekolah adalah 9 orang, ditambah 1 orang Kepala Sekolah. Masing-masing guru PNS yang mutlak harus ada yaitu: Guru pendidikan Agama Islam, Penjaskes dan 6 orang guru kelas.
Namun di sekolah-sekolah filial yang sudah kita difinitifkan, banyak yang hanya Kasek saja yang PNS. Analisa secara spesifik, SD sekitar Tanjung masih kekurangan 2 guru PNS.
Dan kondisi tersebut secara umum berlaku di KLU bahkan di beberapa sekolah yang ditemkuan, defisit jumlah guru berlaku ditiap Sekolah Dasar. 



12830 Komentar :